Kamis

The Raid Mendunia, Indonesia Bangga

Industri film di tanah air kini boleh berbangga, karena salah satu film Indonesia berhasil membuat prestasi yang membanggakan. The Raid, film yang di produksi oleh Merantau Films, dan di sutradarai oleh Gareth Evans ini, berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia perfilman internasional dengan berbagai prestasi dan penghargaan bergengsi.

Film ini juga di tayangkan secara komersial di Amerika Serikat yang terkenal dengan industri filmnya yang mendunia yaitu Hollywood dan menjadi film pertama Indonesia yang tayang secara komersil di Amerika dengan hak edar yang sudah di beli oleh Sony Pictures Classic, perusahaan film terkemuka di Amerika dan dunia.

The Raid tidak  hanya sekedar meramaikan perfilman amerika, namun film yang untuk pemasaran internasionalnya di beri sub judul redemption ini juga berhasil bersaing dengan film-film Hollywood. Bahkan dalam daftar box office Amerika, The Raid : Redemption sempat bertengger di urutan ke-11 pada pekan ke-3 penayangannya.  Saat ini  The Raid : Redemption berada pada posisi ke-30 Box Office Amerika edisi weekend 27-29 April 2012 dengan total pendapatan lebih dari 3,8 juta Dollar AS.

Film laga yang berdurasi 90 menit ini telah di beli hak edarnya  oleh lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Pada 23 Maret lalu The Raid tayang serentak di Indonesia, Kanada, Amerika Serikat, dan Australia, dan pada bulan mei The Raid akan tayang di beberapa Negara Asia seperti Korea, Jepang, Singapura, dan Hongkong. Sementara di Eropa, film yang di bintangi oleh Iko Uwais ini akan tayang pada bulan Juni 2012.
Ditengah banyaknya film lokal yang kurang berkualitas, The Raid mampu memberikan angin segar kepada pecinta film tanah air yang mendambakan film lokal yang  menghibur, berkualitas dan lain dari yang lain.
Berikut daftar penghargaan Film The Raid di Internasional :
1.    The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award, Toronto International Film Festival 2011
2.    Salah satu dari 11 film yang menjadi Spotlight dalam Festival Film Sundance 2012
3.    Terpilih menjadi penutup sesi FrightFest dalam Festival Film Glasgow 2012
4.  Audience Award dan Dublin Film Critics Circle Best Film dalam Festival Film Internasional Dublin Jameson 2012.
5.    Prix du Public dalam 6ème Festival Mauvais Genre di Tours, Prancis.
6.    Spits Silver Scream Award pada Festival Film Imagine ke-28 di Amsterdam, Belanda
Rizal B Kurniawan