Kamis

Babak Baru Mind Games Vilanova-Mourinho

Francesc

BARCELONA – Saling menyerang secara verbal antara José Mourinho dan Tito Vilanova memang sudah terjadi saat masih menjadi asisten Josep Guardiola di Barcelona. Tapi Vilanova membuka babakan baru perseteruan dengan Entrenador Real Madrid itu dengan status yang berbeda.

Memang, Vilanova baru akan menduduki kursi kepelatihan Los Cules, bulan depan saat kontrak Guardiola kedaluwarsa dan sudah memutuskan tak memperpanjang kontraknya untuk mengasuh Lionel Messi cs.

Tapi sepertinya Vilanova sudah merasa gatal dan mungkin takkan merasa nyaman jika tidak memulai mind games dengan Mourinho sejak dini. Keduanya diketahui terlibat perseteruan setelah Mourinho ‘iseng’ mencubit Vilanova kala terjadi kisruh di tepi lapangan antara kubu Madrid dan Barca, musim dingin 2010 silam.

Vilanova mulai menyerang Mou dengan mengatakan, pembesut nyentrik itu acapkali melontarkan komentara ‘seenak perutnya’. Bahkan Vilanova blak-blakan menyindir Mou sebagai pelatih yang tak pernah membicarakan sepakbola, melainkan permainan kata-kata pedas terhadap kubu Katalan, atau pihak manapun yang dirasa merugikannya.

“Pelatih tidak diperbolehkan berbicara seenaknya tiap pekan dan ketika seseorang menanggapi komentarnya, Mou kembali menimpali tanggapan itu. Pada akhirnya, Mourinho menjadi pelatih sepakbola yang tak pernah membicarakan tentang sepakbola dan kami tidak suka akan perangainya itu,” ucap Vilanova kepada La Vanguardia, Kamis (3/5/2012).

Vilanova juga mengecam bagaimana The Special One menerapkan taktik pragmatis dan cenderung mengemukakan negative football, kala menghadapi tim-tim kuat dan terutama di laga El Clásico kontra Blaugrana.

“Tim yang diracik Mourinho pasti selalu ada enam pemain bertahan di lapangan, yakni empat bek dan dua gelandang bertahan. Kedua lini itu akan bermain ketat di pertahanan. Mereka selalu mengutamakan pemain yang unggul dalam hal fisik,” lanjutnya.

“Sementara empat pemain lain di depan mereka hanya menunggu untuk menyerang balik. Anda tidak bisa mengharapkan tim yang diasuh Mourinho akan menyajikan permainan yang enak ditonton dengan kelengkapan estetika yang benar,” sindir Vilanova lagi.