Jumat

GAMES PRAMUKA

Jenis Outbond/ Games



1.       Menara Olimpiade
·         Peserta : 5-10 orang
·         Alat        : Baskom  Sedang, Air, Timba

·         Sasaran                : Kekompakan, Kekuatan dan Tanggung jawab
Cara memainkan : semua peserta berbaring dalam bentuk lingkaran, kaki menjulang keatas, membentuk menara olimpiade kemudian instruktur meletakkan baskom di atas kaki dan kem
udian di isi dengan air secukupnya
2.       Bendera kerajaan
Bbendera ini hanya boleh di pegang oleh sang raja tapi ia (raja) memerintahkan kepada prajuritnya untuk memindahkanyya ke gelonggongan istana.
·         Peserta : 1 pemimpin
4 orang prajurit
·         Tongkat 3 buah, bendera, tali 5m 1(buah), tali 10m, shal
·         Sasaran : kekompakan, ketelitian
Cara memeinkan : pertengahan tali di ikat pada perttengahan tongkat
3.       Gelas kehormatan
·         Peserta : 5-10 orang (1 pemimpin)
·         Alat        : kain bali/ sarung, gelas, air
·         Sasaran : kekompakan, ketelitian, keppemimpinan
Cara memainkan : gelas yyang berisi air di letakkan di atas kain / sarung dan masing-masing peserta memegang ujung kain kemudian di angkat secara bersama-sama tanpa menumpahkan air dalam gelas kemudian membawanya ketempat yang di tentukan
4.       Tour Indonesia
·         Peserta : 5-10 Orang
·         Alat        : 1,2,3,4,5,6, meter, patok kecil terbuat dari besi
·         Sasaran : Patritisme, Kebersamaan
Cara memeinkan : membuat pulau (peta indonesia) dengan menggunakan tali yang di sediakan kemudian semua peserta diminta menginjakkan kaki pada pulauyang telah di buat dengan ketentuan kaki, tidak boleh berada di luar pulau.
5.       Tebang kasih
·         Peserta : 10 orang
·         Alat        : Bangku dan Meja
·         Sasaran : kepercayaan, kekompakan,  keberanian
Cara memainkan : Bangku di letakkan diatas meja, salah satu anggota sangga berdiri di atas bangku dan Sembilan anggota lainnya berdiri berhadapan dan saling berpegang tanggan anggota yang berdiri diatas bangku tersebut membuang badan ketangan temannya yang telah berpegangan tangan.
6.       Baut barisan
·         Peserta : 10 orang
·         Alat        :
·         Sasaran : Agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok.
a. Peserta di bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
b. Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
* Kedua keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
* Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus jongkok.
* Setiap kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya dengan benar.
* Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
7.       Bermain tali
·         Peserta : 10 orang
·         Alat        : tali rafiah
·         Sasaran : Agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok
a.       Potong tali raffia dengan ukuran 1,5 m dan bagikan kepada setiap peserta
b. Minta mereka berpasangan – pasangan, lalu masing – masing ujung tali yang satu diikatkan ke tangan sebelah kiri. Sebelum mengikat tali yang satu lagi ke tangan kanan, silangkan tali tersebut ke tali pasangannya, kemudian ikatlah ke tangan masing – masing, ingat, sebaiknya iaktan tidak terlalu kencang
c. Setelah itu minta mereka untuk dapat melepaskan diri dari ikatan tadi tanpa melepaskan ikatan tali
d. Jika ada pasangan yang berhasil melepaskan diri dari ikatan tersebut, mintalah mereka menunjukkan bagaimana cara mereka untuk melepaskan diri kepada teman – teman yang lain
Tanyakan kepada mereka apa hikmah dari permainan tersebut





8.       Lingkaran berbelit
·         Peserta : 20 orang
·         Alat        :
·         Sasaran : Menyadarkan peserta tentang pentingnya rasa 1 tim untuk memudahkan proses belajar dan bekerja dalam kelompok
a.Peserta berdiri dalam lingkaran, lalu menjulurkan kedua tangannya ke depan. Kemudian memegang tangan 2 peserta lainnya (missal : tangan kiri memegang tangan si A, tangan kanan memegang tangan si B) sampai membentuk suatu belitan besar.
b. Semua kerjasama untuk coba membentuk kembali lingkaran sempurna tanpa melepaskan tangan yang dipegang dan tanpa berbicara.
9.      Menggambar bersama
·         Peserta : 20 orang
·         Alat        : selembar kertas plano dan sebuah spidol
·         Sasaran : Peserta menyadari arti pentingnya komunikasi dalam suatu kelompok.
1. Peserta dibagi dalam kelompok kecil (5 orang) dan setiap anggota kelompok memiliki nomor urut sendiri-sendiri dari nomor 1 sampai 5.
2. Tiap kelompok mendapat selembar kertas plano dan sebuah spidol untuk menggambar.
3. Secara berurutan setiap menit, setiap orang dalam kelompok masing-masing diminta menggambar pada kertas plano yang ada, dengan syarat : tidak boleh bertanya atau bicara satu sama lain, setiap orang menggambar apa yang dimaui dan dipikirkan sendiri, kemudian dilanjutkan oleh yang lain pada kertas yang sama menurut apa yang dimaui dan dipikirkan sendiri pula, dan seterusnya sampai seluruh anggota kelompok memperoleh bagian waktunya masing-masing untuk menggambar.
·         Bahan Diskusi :
a. Berapa kelompok yang mampu menghasilkan gambar yang utuh dan jelas?
b. Apa kesan dan perasaan setiap orang terhadap hasil gambar kelompoknya?
c. Bagaimana seharusnya proses yang ditempuh agar hasil kerja bersama itu memuaskan semua orang dalam kelompok yang bersangkutan ?
10.  Rantai Nama
·         Peserta : 20 orang
·         Alat        :
·         Sasaran : Permainan ini dimaksudkan bagi kelompok yang belum saling kenal nama masing-masing, agar lebih akrab, serta memberi pengalaman tampil di depan forum.
a. Peserta besama pemandu berdiri di dalam lingkaran
b. Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
Salah seorang menyebutkan namanya dengan suara keras agar terdengar oleh setiap peserta, kemudian peserta yang berdiri di sebelahnya (kiri atau kanan) menyebutkan nama peserta pertama tadi ditambah dengan namanya sendiri. Peserta ketiga menyebutkan nama peserta pertama dan kedua ditambah dengan namanya sendiri, begitu seterusnya sampai selesai.
c. Proses ini diulangi lagi dengan arah berlawanan, dimulai dari peserta yang terakhir menyebutkan rantai nama tersebut.
Variasi
Buat lingkaran, setiap peserta secara bergiliran menyebutkan nama panggilan, umur, tempat asal, pekerjaan, lalu peserta yang lain menirukan, begitu seterusnya sampai selesai satu putaran.
Putaran kedua, semua peserta mengulangi lagi secara bersama-sama data pribadi tersebut, dengan urutan seperti semula.