Senin

Tumbuhan Unik Dari Jaman Purba

1 Welwitschia mirabilis
kaskus-forum.blogspot.com - Tumbuhan Unik Dari Jaman Purba 
Sempat membuat bingung ahli botanist, akhirnya dia dari tingkat Family sampai genus cuma dia aja sendirian. Sampai sekarang jadi bahan buruan kolektor tanaman dari seluruh dunia sampai masuk CITES 1. Sekarang masuk CITES 2 karena habitatnya di Angola dikelilingi oleh ranjau (ga ada yang berani mencurinya) sehingga aman dari kepunahan.



2. Silene Stenophylla
kaskus-forum.blogspot.com - Tumbuhan Unik Dari Jaman Purba 
Ilmuwan-ilmuwan asal Rusia telah berhasil menumbuhkan tanaman bunga langka yang berasal dari 30 ribu tahun silam. Bunga tersebut berasal dari wilayah beku Timur Jauh Rusia.
Kegiatan itu belum pernah dilakukan peneliti sebelumnya sehingga menandakan kemajuan pengungkapan rahasia kehidupan purba di bumi, lapor RIA Novosti.
Bunga yang bernama "Silene Stenophylla" menjadi tanaman tertua yang diregenerasi dan tumbuh subur dengan menghasilkan bunga berwarna putih serta bibit yang terus diproduksi, kata sejumlah ilmuwan dalam artikel yang disiarkan pada Selasa dalam majalah dwimingguan Proceedings of The National Academy of Sciences.

3.Pachypodium
kaskus-forum.blogspot.com - Tumbuhan Unik Dari Jaman Purba 
Pachypodium Tanaman Purba yang Langka nan Eksotis.Tanaman hias yang satu ini Pachypodium sebenarnya pernah populer di Indonesia disekitar awal era tahun 1990-an. Tapi entah kenapa baru di awal tahun 2007 peminat terhadap tanaman ini kembali ramai. Padahal di luar negeri, sudah lebih dari 1 abad, para peneliti, para pencinta dan kolektor tanaman langka memburu dan mengkoleksi tanaman yang konon terancam punah ini.

4. Psilotum nudum
kaskus-forum.blogspot.com - Tumbuhan Unik Dari Jaman Purba 
JIka melihat gambar suatu tanaman di samping ini, maka apa yang agan pikirkan? Kenapa tanaman ini tidak memiliki daun tetapi batangnya berwarna hijau? tanaman ini merupakan paku purba yang memiliki anggota tubuh tidak sempurna

5. Prototaxites
kaskus-forum.blogspot.com - Tumbuhan Unik Dari Jaman Purba 
Sebuah Fosil Jamur raksasa yang diduga merupakan species Prototaxites (Salahsatu Jenis Jamur purba) telah ditemukan diwilayah Saudi Arabia.
Dari fosil sampel penemuan ini, membuat para peneliti sedikit merubah pandangannya tentang deskripsi mengenai Prototaxites.Sebelumnya para peneliti menganggap tumbuhan purba jenis ini mempunyai tinggi antara 7-8 meter,padahal dari struktur fosil jamur purba yang baru ditemukan hanya memiliki tinggi antara 3-4 meter saja.

6. Sikas
kaskus-forum.blogspot.com - Tumbuhan Unik Dari Jaman Purba 
Habitat sikas tersebar di berbagai Benua di dunia. Asia termasuk di dalamnya. Sebagai bagian dari Asia, Indonesia merupakan salah satu habitat sikas. Sumatera adalah habitat terbesarnya. Jenis revoluta paling banyak ditemui. Sekilas melihat perawakan sikas revoluta boleh dikata mirip dengan pohon kurma. Batangnya bersisik, mirip nanas. Daunnya runcing, seperti jarum, berwarna hijau tua.

Pertumbuhan tanaman purba ini terbilang lambat. Dalam satu tahun, ia hanya bertambah tinggi kira-kira 10 cm. Begitu pula dengan kemunculan daunnya. Tidak lebih dari satu helai daun, setiap tahun. Pertumbuhan yang lambat ini menjadi salah satu faktor yang membuatnya mahal.

Anakan sikas revoluta biasanya dijual dengan harga Rp 75.000-Rp 150.000 per pot. Sedangkan harga sikas yang tingginya mencapai kurang lebih 1 meter, bisa mencapai Rp1 juta-Rp 3 juta. Sikas yang diimpor dari Meksiko dan Afrika harganya lebih mahal.

Satu lagi keistimewaan tanaman yang termasuk langka ini. Ia tak rewel, tak menuntut banyak perhatian, dan bandel. Sikas sangat menyukai sinar matahari. Ia bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Penyiraman pun tak perlu sering dilakukan. Cukup satu sampai dua kali dalam satu minggu.

7. Ginko Biloba
kaskus-forum.blogspot.com - Tumbuhan Unik Dari Jaman Purba 
Ginkgo Biloba merupakan spesies tunggal dari suatu divisio tumbuhan berbiji terbuka yang dulu tersebar luas. Sekarang tumbuhan ini tumbuh terbatas di Asia Timur dan lokasi beriklim sedang lainnya.

Nama ginkgo berasal dari bijinya yang berasal dari tanaman ginkgo betina. Biji ginkgo berwarna kuning hijau dan matang dalam bentuk buah berdaging yang berbau busuk dan berwarna jingga cokelat.

Daun ginkgo terbagi atas dua lobus, namanya sering disebut dengan tambahan kata biloba. Jenis tanaman ini sudah ada sejak jaman dinosaurus hingga sekarang. Jenis tanaman ini biasa disebut dengan pohon maidenhair atau dikenal dengan nama spesies Ginkgo atau Ginkgo Biloba.


Jenis tanaman itu telah ada pada periode Jurrasic dan periode Triassic (135-210 juta tahun yang lalu). Oleh masyarakat China kuno tanaman ini digunakan sebagai minuman tonikum penyegar tubuh, setelah sarinya disaring.