Senin

Foto Yang sudah anda hapus di Facebook Sebenarnya Masih Tersimpan

Online Social Networking seperti Facebook memang sedang mendunia tetapi ini ada satu hal yang perlu anda ketahui, khususnya bagi yang suka men-share foto di web.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge menemukan bahwa foto-foto yang telah anda hapus sebelumnya di online soscial networking tersebut sebenarnya tidak benar-benar dihapus atau dengan kata lain masih tersimpan di server mereka untuk beberapa waktu
.

Penelitian dilakukan kepada 16 website social networking dengan cara mengupload foto kemudian menghapusnya. Tetapi sebelum menghapus foto tersebut, mereka telah mencatat alamat URL dimana foto tersebut berada.

Setelah 30 hari semenjak foto mereka telah dihapus, mereka kemudian mencoba memasukkan alamat URL foto yang telah dihapus tersebut, hasilnya ternyata foto tersebut masih bisa dilihat. Nah loh!!!

Hal ini setidaknya mereka temukan di 7 buah website online yaitu Bebo, Facebook, hi5, LiveJournal, MySpace, SkyRock dan Xanga. Sedangkan web lainnya yang sejenis melakukan penghapusan secara total.

Pihak FaceBook mengatakan bahwa mereka sebenarnya memang telah melakukan penghapusan dari server tetapi karena beberapa hal, proses penghapusan kadang menjadi sedikit lama. Betul juga sih tetapi apa butuh waktu sampai 30 hari?? :D

Kesimpulannya, sebaiknya anda berpikir baik-baik sebelum meng-upload foto anda ke situs social networking, apalagi untuk foto-foto yang bisa merugikan diri anda atau orang lain.